a. Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
STRUKTUR KURIKULUM SMK 2013 REVISI 2017
Bidang Keahian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
MATA PELAJARAN
|
KELAS
| ||||||
X
|
XI
|
XII
| |||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
| ||
A. Muatan Nasional
| |||||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
B. Muatan Kewilayahan
| |||||||
7.
|
Seni Budaya
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
Jumlah A dan B
|
24
|
24
|
17
|
17
|
16
|
16
| |
C. Muatan Peminatan Kejuruan
| |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian
| |||||||
9.
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10.
|
Fisika
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11.
|
Kimia
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C2. Dasar Program Keahlian
| |||||||
12.
|
Sistem Komputer
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
13.
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
3
|
3
| ||||
14.
|
Pemrograman Dasar
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15. 1
|
Dasar Desain Grafis
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C3. Kompetensi Keahlian
| |||||||
16.
|
Teknologi WAN
|
-
|
-
|
6
|
6
|
-
|
-
|
17.
|
Administrasi Infrastruktur Jaringan
|
-
|
-
|
6
|
6
|
9
|
9
|
18.
|
Administrasi Sistem Jaringan
|
-
|
-
|
6
|
6
|
8
|
8
|
19.
|
Teknologi Layanan Jaringan
|
-
|
-
|
6
|
6
|
8
|
8
|
20.
|
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
|
22
|
22
|
29
|
29
|
30
|
30
| |
Total
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
ALOKASI WAKTU
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
A. Muatan Nasional
| ||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
318
|
2.
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
212
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
354
|
4.
|
Matematika
|
424
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
108
|
6.
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya
|
352
|
B. Muatan Kewilayahan
| ||
7.
|
Seni Budaya
|
108
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
144
|
Jumlah A dan B
|
2.020
| |
C. Muatan Peminatan Kejuruan
| ||
C1. Dasar Bidang Keahlian
| ||
9.
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
108
|
10.
|
Fisika
|
108
|
11.
|
Kimia
|
108
|
C2. Dasar Program Keahlian
| ||
12.
|
Sistem Komputer
|
72
|
13. 1
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
108
|
14. 1
|
Pemrograman Dasar
|
144
|
15. 1
|
Dasar Desain Grafis
|
144
|
C3. Kompetensi Keahlian
| ||
16.
|
Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
|
216
|
17.
|
Administrasi Infrastruktur Jaringan
|
522
|
18.
|
Administrasi Sistem Jaringan
|
488
|
19.
|
Teknologi Layanan Jaringan
|
488
|
20.
|
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
|
350
|
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
|
2.856
| |
Total
|
4.876
|
b. Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMK REVISI 2017
Bidang Keahian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
MATA PELAJARAN
|
KELAS
| ||||||
X
|
XI
|
XII
| |||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
| ||
A. Muatan Nasional
| |||||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
B. Muatan Kewilayahan
| |||||||
7.
|
Seni Budaya
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
Jumlah A dan B
|
24
|
24
|
17
|
17
|
16
|
16
| |
C. Muatan Peminatan Kejuruan
| |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian
| |||||||
9.
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10.
|
Fisika
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11.
|
Kimia
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C2. Dasar Program Keahlian
| |||||||
12.
|
Sistem Komputer
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
13.
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
3
|
3
| ||||
14.
|
Pemrograman Dasar
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15.
|
Dasar Desain Grafis
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C3. Kompetensi Keahlian
| |||||||
16.
|
Pemodelan Perangkat Lunak
|
-
|
-
|
4
|
4
|
-
|
-
|
17.
|
Basis Data
|
-
|
-
|
4
|
4
|
4
|
4
|
18.
|
Pemrograman Berorientasi Objek
|
-
|
-
|
8
|
8
|
8
|
8
|
19.
|
Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
|
-
|
-
|
8
|
8
|
13
|
13
|
20.
|
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
|
22
|
22
|
29
|
29
|
30
|
30
|
Alokasi Waktu
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
A. Muatan Nasional
| ||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
318
|
2.
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
212
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
354
|
4.
|
Matematika
|
424
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
108
|
6.
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
|
352
|
B. Muatan Kewilayahan
| ||
7.
|
Seni Budaya
|
108
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
144
|
Jumlah A dan B
|
2.020
| |
C. Muatan Kejuruan
| ||
C1. Dasar Bidang Keahlian
| ||
9.
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
108
|
10.
|
Fisika
|
108
|
11.
|
Kimia
|
108
|
C2. Dasar Program Keahlian
| ||
12.
|
Sistem Komputer
|
72
|
13.
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
108
|
14.
|
Pemrograman Dasar
|
144
|
15.
|
Dasar Desain Grafis
|
144
|
C3. Kompetensi Keahlian
| ||
16.
|
Pemodelan Perangkat Lunak
|
144
|
17.
|
Basis Data
|
280
|
18.
|
Pemrograman Berorientasi Obyek
|
560
|
19.
|
Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
|
730
|
20.
|
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
|
350
|
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
|
2.856
| |
Total
|
4.876
|
c. Kompetensi Keahlian Multimedia
STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMK REVISI 2017
Bidang Keahian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Mulltimedia
MATA PELAJARAN
|
KELAS
| ||||||
X
|
XI
|
XII
| |||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
| ||
A. Muatan Nasional
| |||||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
B. Muatan Kewilayahan
| |||||||
7.
|
Seni Budaya
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
Jumlah A dan B
|
24
|
24
|
17
|
17
|
16
|
16
| |
C. Muatan Peminatan Kejuruan
| |||||||
C1 Dasar Bidang Keahlian
| |||||||
9.
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10.
|
Fisika
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11.
|
Kimia
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C2 Dasar Program Keahlian
| |||||||
12.
|
Sistem Komputer
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
13.
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
3
|
3
| ||||
14.
|
Pemrograman Dasar
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15.
|
Dasar Desain Grafis
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C3 Kompetensi Keahlian
| |||||||
16.
|
Desain Grafis Percetakan
|
-
|
-
|
12
|
12
|
-
|
-
|
17.
|
Teknik pengolahan audio video
|
-
|
-
|
-
|
-
|
13
|
13
|
18.
|
Teknik animasi 2D dan 3D
|
-
|
-
|
12
|
12
|
-
|
-
|
19.
|
Design media interaktif
|
-
|
-
|
-
|
-
|
12
|
12
|
20.
|
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
|
22
|
22
|
29
|
29
|
30
|
30
| |
Total
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
Alokasi Waktu
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
| |
A. Muatan Nasional
| ||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
318
|
2.
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
212
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
354
|
4.
|
Matematika
|
424
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
108
|
6.
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya
|
352
|
B. Muatan Kewilayahan
| ||
7.
|
Seni Budaya
|
108
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
144
|
Jumlah A dan B
|
2.020
| |
C. Muatan Peminatan Kejuruan
| ||
C1. Dasar Bidang Keahlian
| ||
9.
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
108
|
10.
|
Fisika
|
108
|
11.
|
Kimia
|
108
|
C2. Dasar Program Keahlian
| ||
12.
|
Sistem Komputer
|
72
|
13.
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
108
|
14.
|
Pemrograman Dasar
|
144
|
15.
|
Dasar Desain Grafis
|
144
|
C3. Kompetensi Keahlian
| ||
16.
|
Desain Grafis Percetakan
|
432
|
17.
|
Desain Media Interaktif
|
442
|
18.
|
Teknik Animasi 2D dan 3D
|
432
|
19.
|
Teknik Pengolahan Audio dan Video
|
408
|
20.
|
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
|
350
|
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
|
2.856
| |
Total
|
4.876
|
Jika dilihat dari Struktur Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017, tidak jauh berbeda dibandingan dengan Struktur Kurikulum 2013 SMK Revisi 2016, hanya saja ada sedikit perubahan nama seperti Simulasi Digital menjadi Simulasi dan Komunikasi Digital.
Semoga saja dengan adanya revisi ini membawa perubahan pada lulusan SMK ke arah yang lebih baik meskipun kita sadari bersama bahwa kesuksesan menciptakan lulusan SMK yang baik ditentukan oeh banyak faktor seperti SDM pengajar, fasilitas pendukung belajar juga ketekunan siswa dalam belajar.
Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan kali ini semoga membawa manfaat bagi semuanya, "berkah berbagi".
Admin, mohon informasinya untuk sistem komputer di struktur kurikulum 2013 revisi 2017 apa benar masih ada?
ReplyDeleteberdasarkan KI-KD terbaru yang saya dapatkan, Sistem Komputer masih ada pada 2013 revisi 2017 silakan buka link
Deletehttp://www.ulas-tkj.com/2017/07/ki-kd-tkj-multimedia-rpl-kurikulum-2013-revisi-2017.html
Admin..mohon informasinya untuk modul K13 rev 2017. makasih
ReplyDeleteuntuk sementara ini belum lengkap pak. kecuali untuk pemrograman dasar, sistem operasi dan mata pelajaran yang sama pada revisi 2016 masih bisa digunakan
DeleteInfo link modul pembelajran "Pemograman Dasar" min. Kalau ad smster 1 & 2
ReplyDeletehttp://www.ulas-tkj.com/2017/05/modul-pemrograman-dasar-kelas-x.html
Deletesilakan gan