STRUKTUR KURIKULUM TKJ SMK

Selamat malam, salam sejahtera saya sampaikan kepada semuanya semoga Allah SWT senantiasa memberikan Rahmat dan Karunia-Nya kepada kita semua di dalam menjalankan aktivitas keseharian. Kita semua tahu bahwasanya Sistem pendidikan tidak akan berhasil tanpa adanya kurikulum yang baik. sampai saat ini di Indonesia sudah beberapa kali menerapkan Kurikulum mulai dari Kurikulum CBSA (1994), Kurikulum 1999, Kurikulum 2006, sampai pada yang terakhir sedang menjadi buah bibir di masyarakat khususnya lingkungan pendidikan adalah Kurikulum 2013.

Definisi Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidika yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.

Struktur Kurikulum
Berdasarkan Standar Pendidikan Nasional, saat ini di Indonesia ada yang masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan ada yang sudah menggunakan Kurikulum 2013. Pada awalnya Kurikulum 2013 hanya diperuntukan kepada sekolah-sekolah rujukan, namun seiring dengan perkembangan Pemerintah mentargetkan semua sekolah yang ada di Indonesia akan dapat menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun 2018 untuk semua Tingkat Satuan pendidikan mulai dari SD sampai dengan SMA/SMK. Hal ini jelas berimbas pada Struktur Kurikulum / Spektrum untuk Paket Keahlian Teknik Komputer Jaringan.

Di bawah ini adalah perbandingan antara Struktur Kurikulum TKJ KTSP dan Struktur Kurikulum 2013 :

a. Struktur TKJ KTSP


download file : Struktur Kurikulum TKJ KTSP

b. Struktur Kurikulum 2013


struktur-kurikulum-2013-tkj-2014-2015.xls

Seiring dengan adanya perubahan kurikulum secara pribadi saya mengharapkan adanya perbaikan kualitas lulusan SMK, TKJ Khususnya. Demikian Postingan dari saya kali ini, semoga bermanfaat, "berkah berbagi"
Jika artikel ini bermanfaat silakan bantu share:
Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Random Post

Pengunjung