Selamatkan Data Penting Kita dari Serangan Ransomeware Wannacry, Sebelum Semua Terlambat !

ulas-tkj - Siang tadi di sela-sela jam istirahat ketika sedang bercengkrama dengan sahabat sejawat saya di sekolah smartphone saya berbunyi. Bunyi yang sudah tidak asing lagi di telinga saya tanda pesan pendek (SMS) masuk. Sontak mata saya langsung tertuju pada layar handphone saya. Setelah saya lihat ada pesan masuk dari KEMEMKOMINFO yang isinya berupa perhatian terhadap ancaman ransomeware, isinya kurang lebih seperti ini "Antisipasi Ransomware #1 Pengelola TI menonaktifkan LAN/Hotspot #2 Masing2 agar BACKUP DATA ke Storage TERPISAH 

Satu malam sebelumnya saya juga sempat membaca dari broadcast salah satu media sosial yang sahabat saya bagikan tentang keberadaan ransomeware yang sedang mengancam dunia. Instansi-instansi besar di 99 Negara di dunia bahkan beberapa rumah sakit di indonesia sudah terkena dampak dari ganasnya ransomeware wannacry. saya jadi penasaran seperti apa makhluk yang namanya ransomeware. saya langsung buka gadget saya kemudian membuka browser untuk langsung membuka search engine sejuta umat (www.google.com) sehingga saya dapatkan beberapa literasi tentang ransomeware tersebut.


Definisi Ransomeware

Ransomeware merupakan salah satu jenis virus yang menyebar melalui internet atau jaringan lokal sehingga menyerang komputer dan mengakibatkan file-file penting yang ada pada komputer yang terinfeksi tidak dapat diakses (terkunci). Ketika Virus atau malware hanya mengakibatkan file pada  komputer yang menjadi korban tidak bisa dibuka, mereka penyebar Ransomeware akan memberikan peringatan dan meminta tebusan kepada korban berupa bitcoin agar file yang hilang / tidak bisa diakses dapat kembali diakses dan dipergunakan oleh pemiliknya. Bisa dibayangkan jika Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan hampir menyelesaikan bab akhir kehilangan data mereka. atau ketika Rumah sakit kehilangan data pasien, obat, karyawan, keuangan dan administrasi-administari lain pada severnya?

Ssecara umum ransomeware terdiri dari dua jenis :
  • Locker, Ransomeware jenis ini hanya mengunci data dengan menambahkan pasword yang hanya si peretas-lah (hacker) yang mengetahuinya. jika ransomeware masih dalam tahapan locker data yang menjadi korban akan dapat diakses kembali dengan menggunakan perangkat lunak peretas password dari file tersebut
  • Crypto, jenis inilah yang paling berbahaya. Selain dikunci file yang terinfeksi ransomeware akan dienkrispsi oleh program yang hanya diketahui oleh si peretas. Ransomeware jenis inilah yang beberapa hari terakhir menjadi buah bibir di Dunia khususnya dunia IT. Kelompok peretas yang menyerang siber dunia beberapa hari ini menamakan diri mereka Wannacry. Saya sendiri kurang setuju dengan penamaan tersebut. Jika dilihat dari modusnya menurut saya mereka lebih cocok menamakan dirinya Wanna do it (baca wanna duit) xixixii,, just kidding. 

Lantas siapa yang bisa terkena serangan brutal ransomeware? saya bisa langsung jawab kita semua, ya kita semua yang gadgetnya terhubung ke internet memiliki peluang yang sama terkena dampak dari ransomeware. Ransomeware menyebar di internet melalui link-link yang menggiurkan, atau ada penawaran menarik yang langsung masuk ke inbox e-mail kita atau berupa pop-up pada page website yang sedang kita buka. 
Kemudian bagaimana cara pencegahan agar gadget yang kita miliki terhindar dari dampak brutalnya serangan Ransomeware Wannacry (RW) ?

menurut beberapa sumber yang saya baca ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar gadget kita aman dari dampak serangan RW diantaranya adalah :
  1. Buat cadangan data pada external storage seperti USB Flasdisk Drive atau Hardisk External
  2. Instal Antivirus pada Personal Computer (PC) atau smartphone kita
  3. Hati-hati terhadap email yang mencurigakan. jangan sampai kita tergiur pada iklan-iklan yang tidak rasional. ingat jangan dibuka link-nya!!!!
  4. Aktifkan firewall pada PC. Firewal akan menolak akses yang tidak wajar ke komputer kita apabila komputer kita terhubung ke jaringan Wi-Fi publik. 
  5. Jika anda menggunakan sistem operasi berbasis windows dan menggunakan windows yang original, segera download patch terbaru dan update sistem operasi anda
Ada pepatah mengatakan menyesal tidak akan datang duluan. hal ini mungkin cocok pada kita sebagai pengguna atau bahkan pelaku IT di dalam mencegah kehilangan data penting kita.  

Mungkin itulah yang bisa saya bagikan kali ini. mudah-mudahan sedikit membawa manfaat bagi anda yang membacanya,, Terima Kasih. "berkah berbagi."




Jika artikel ini bermanfaat silakan bantu share:
Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Random Post

Pengunjung

Blog Archive